Jalaludin Rumi : Kecemburuan Tuhan

Google Plus Stumbleupon


Buku Matsnawi Bait-bait ilah pendidikan Rohani/
Buku Matsnawi Bait-bait ilah pendidikan Rohani/ /

SORAKLINTERA.NET,ARTIKEL - Seluruh Dunia cemburu karena alasan ini, bahkan Tuhan melampaui dunia dalam kecemburuan. Tuhan Adalah ruh dan dunia adalah raga, dan raga mendapatkan kebaikan dan keburukan dari jiwa. Dia yang baginya altar suci doa sejati terkuak menganggap hal memalukan untuk kembali ke sekadar agama formal.

Dia yang merupakan penguasa jubah-jubah seorang raja mempermalukan tuanya dengan penawaran tipu daya. dia yang diperbolehkan menghadap masuk keruangan raja akan menunjukan rasa tidak hormat dengan berdiri lama lama dipintu.

Jika Raja memberinya izin untuk mencium tangan sang raja, dia akan keliru apabila mencium kaki raja. Kecemburuan raja akan menyala nyala terhadapnya yang setelah melihat wajahnya, lebih menyukai wewangiannya saja.

Kecemburuan tuhan bisa disamakan dengan butiran gandum, namun kecemburuan manusia hanyalah ronsokan hampa. sebab ketahuilah kau bahwa sumber kecemburuan ada dalam tuhan, dan cemburu manusia hanyalah percabangan cemburu tuhan.

Tapi, izinkan kuhentikan bicara soal ini dan berganti berkeluh kesah tentang kerasnya Sang Maha Indah yang berubah-ubah itu. (*)



Sumber: Matsnawi, Bait Bait Illah Untuk Pendidikan Ruhani (Jalaluddin Rumi)

Komentar Anda